blog isbd gine nurfitri lestari

WELCOME TO MY BLOG!!!!!!

Sabtu, 11 Juni 2011

Manusia sebagai mahluk individu dan sosial ( mahluk polekbudpsikol )

A. Tujuan Pembelajaran

Harapan setelah pembelajaran materi ini adalah penyadaran mahasiswa tentang posisinya baik sebagai mahluk individu dan mahluk sosial serta memahami tugas dan
kewajiban dalam setiap kehidupan.

B. Manusia Sebagai Mahluk Individu

- Individu berasal dari kata in devided, dalam bahasa inggris in mengandung arti tidak dan devided artinya terbagi, jadi arti individu artinya tidak terbagi atau satu kesatuan.
- Secara biologis, manusia lahir dengan kelengkapan fisik tidak berbeda dengan mahluk hewani,namun secara rohani ia sangat berbeda dengan mahluk hewan apapun.
- Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, dan cirri khas ini bisa disebut kepribadian. Kepribadian adalah susunan unsur-unsur akal dan prilaku jiwa dan perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang di dalamnya di pengaruhi oleh faktor bawaan (genotif adalah fktor yang dibawa individu sejak lahir), faktor lingkungan (fenotif) yang saling berinteraksi terus menerus.
- Dalam hal ini pola kelakuan manusia dengan binatang sangatlah berbeda. manusia tidak hanya di tentukan oleh system organik biologik saja (akal dan pikiran) yang nantinya akan memilikipola hidup yang Variatif, tetapi hewan hanya ditentukan oleh system organik biologik saja yang akan menghasilkan pola hidup yang sama.
-
UNSUR-UNSUR PERSONALITY

1. Pengetahuan

a. Persepsi
adalah seluruh proses akal manusia yang sadar.
b. Apersepsi
adalah penggambaran manusia melalui akal fikiran dan di gabungkan dengan penggambaran lama lalu di proyeksikan sebagai penggambaran baru dengan pengertian baru.
c. Pengamatan
adalah pemusatan akal yang lebih intensif.
d. Konsep
adalah penggambaran abstrak.
e. Fantasi
adalah penggambaran yang ditambah-tambahkan oleh diri pribadi dengan penggambaran lain menjadi penggambaran lain yang dalam kenyataannya tidak ada atau penggambaran yang tidak realistik.
2. Perasaan
adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilainya sebagai keadaan positif atau negatif.
3. Dorongan (drive), meliputi;
a. Dorongan untuk mempertahankan hidup.
b. Seks
c. Mencari makan
d. Meniru
e. Berbakti
f. Keindahan

LINGKARAN KONSENTRIKAL MENURUT FRANCIS HSU
0. Dunia luar
1. Lingkungan hubungan jauh
2. Lingkungan berguna
3. Lingkungan hubungan karib
4. Kesadaran yang dinyatakan
5. Kesadaran yang tidak dinyatakan
6. Sub sadar
7. Tak sadar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya harap komentar nya yang dapat membangun saya supaya bisa memperbaiki blog ini.